Pelatihan Penulisan Surat Dinas di Kelurahan Susunan Baru

Authors

  • Septia Uswatun Hasanah Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai
  • Tiar Mirnasari Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai
  • Junaidi Junaidi Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai
  • David Ariswandy Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai
  • Epi Parela Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai
https://doi.org/10.54012/devotion.v2i2.270
Abstract views: 24


PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 21


Keywords:

Pelatihan, Surat Dinas, Kelurahan Susunan Baru

Abstract

Surat merupakan salah satu media komunikasi tertulis yang digunakan dalam berinteraksi. Dalam penulisan surat khususnya surat dinas bukan hanya sekadar isi surat saja yang harus diperhatikan, melainkan aspek pendukung lainnya juga harus diperhatikan, seperti bentuk surat dan redaksi surat berkenaan dengan penggunaan diksi, ejaan, dan kalimat efektif. Oleh karena itu, pentingnya kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat berupa pelatihan surat dinas dilakukan Kantor Kelurahan Susunan Baru, Tanjung Karang Barat, Bandar Lampung. Kegiatan pengabdian ini diikuti oleh seluruh staf dan karyawan kelurahan susunan baru. Pelatihan surat dinas dilakukan bertujuan meningkatkan pemahaman serta pengetahuan dalam menulis surat dinas / surat resmi yang baik dan benar. Metode yang digunakan dalam pelatihan adalan ceramah dalam penyampaian materi. Selain itu, juga menggunakan metode diskusi untuk tanya jawab setelah para peserta menerima materi. Kegiatan ini dilakukan dengan 3 tahap yaitu: (1) persiapan, (2) pelaksanaan, dan (3) evaluasi. Hasil pelatihan menunjukkan adanya peningkatan mulai dari pengetahuan dan praktik dalam membuat surat dinas sesuai dengan aturan standar baku penulisan surat dinas/resmi.

References

Komando, G. (2009). 88 Contoh Surat Dinas dan Surat Bisnis. Yogyakarta : Pustaka Setia.

Nurjamal, Daeng, D. (2017). Terampil Berbahasa. Bandung. Alfabeta.

Rohmadi, dkk. (2014). Belajar Bahasa Indonesia. Surakarta: Cakrawala Media.

Soedjito, S. T. (2014). Surat Menyurat Resmi Bahasa Indonesia. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Soejidto &, & TW, S. (2016). Surat Menyurat Resmi Bahasa Indonesia. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Supriyana, dkk. (2015). Pelatihan Penggunaan Ejaan Yang Disempurnakan dan Kalimat Efektif pada Penulisan Surat Resmi bagi Guru Sekolah Dasar di Jakarta Timur. Jurnal Sarwahita, 2(1).

Triharjanto. (2009). Panduan Menulis Surat. Yogyakarta: Siklus.

Published

2023-11-07

How to Cite

Uswatun Hasanah, S., Mirnasari, T., Junaidi, J., Ariswandy, D., & Parela, E. (2023). Pelatihan Penulisan Surat Dinas di Kelurahan Susunan Baru. Devotion: Journal Corner of Community Service, 2(2), 96–101. https://doi.org/10.54012/devotion.v2i2.270

Issue

Section

Articles