Pengabdian Kepada Masyarakat: Peningkatan Minat Belajar Bahasa Inggris dengan Metode Small Group Discussion di Akademi Kebidanan Wahana Husada Bandar Jaya Lampung Tengah

Authors

  • Rina Wahyuni Akademi Kebidanan Wahana Husada Bandar Jaya, Lampung, Indonesia
https://doi.org/10.54012/devotion.v2i1.210
Abstract views: 60


PDF downloads: 59


Keywords:

minat belajar, small group discussion

Abstract

Bahasa inggris adalah bahasa internasional yang digunakan sebagai alat komunikasi dengan siapapun pada era digital seperti saat ini. Hamper selurus aspek baik industry, kesehatan maupun pendidikan telah memasukan bahasa inggris sebagai bahasa yang penting yang dijadikan sebagai sebuah instruksi atau petunjuk dalam sebuah produk. Subjek dalam kegiatan pengabdian ini adalah mahasiswi Kebidanan di Akademi Kebidanan Wahana Husada Bandar Jaya sebanyak 27 mahasiswa. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah memberikan edukasi. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengetahui apakan metode belajar Small Group Discussion dapat meningkatkan minat belajar mahasiswa di Akademi kebidanan Wahana Husada Bandar Jaya dan meningkatkan derajat kesadaran pentingnya menumbuhkan minat belajar Bahasa inggris bagi mahasiswa. Hasil dari kegiatan ini adalah adanya efek yang positif bagi mahasiswa dan pelaksanaan metode belajar interaktif small group discussion sangat membantu mahasiswa dalam meningkatkan minat belajar Bahasa Inggris.

References

Dewi, K. S. (2020). Pentingnya menguasai bahasa inggris dalam era globalisasi masa kini. Retrieved from kompasiana: https://www. kompasiana. com/karinasofia13/5e4d18f0d541df2b1627e552/pentingnya-menguasaibahasa-inggris-dalam-era-globalisasi-masa-kini.

Djamarah . (2002). Psikologi Belajar . Jakarta : PT. Rieneka Cipta.

Fahri, M., Riani, D., & Murdani, D. (2020). Membangun Masyarakat Desa Banyuwangi Dalam Meningkatkan Sumber Daya Manusia Menuju Desa Yang Kratif Dan Inovatif. Abdi Dosen: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(1), 65-72.

Mika, M. A., & Mardiana, N. (2023). Edukasi Pentingnya Bahasa Inggris Di Era Globalisasi. Bernas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 246-251.

Riani, D., Ramadhan, F., & Afrianto, Y. Pelatihan Dan Pendampingan Pembukuan Sederhana UMKM Retail Dengan Aplikasi BukuWarung Di Masa Pandemi Covid-19.

Utami , S.N & Wahyuni, R (2017). How Does Group Discussion Minimize On Task Behavior. The 4th UAD TEFL International Conference, UAD Yogyakarta 2017. 485-490.

Warniati, D., & Hanum, U. L. (2020). Sosialisasi pentingnya belajar bahasa inggris sejak dini di sd inpres workwana, distrik arso, kabupaten keerom. Jurnal Abdimas Dinamis: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1 Januari), 78-85

Downloads

Published

2023-08-21

How to Cite

Wahyuni, R. (2023). Pengabdian Kepada Masyarakat: Peningkatan Minat Belajar Bahasa Inggris dengan Metode Small Group Discussion di Akademi Kebidanan Wahana Husada Bandar Jaya Lampung Tengah. Devotion: Journal Corner of Community Service, 2(1), 7–13. https://doi.org/10.54012/devotion.v2i1.210

Issue

Section

Articles