Penyuluhan Kompor Sekam Padi yang Ekonomis dan Paving Blok Berbahan Plastik Ramah Lingkungan

Authors

  • Rajiman Universitas Bandar Lampung
  • Mahardika Deltrian Azli Universitas Bandar Lampung
  • Muhamad Farhan Rivaldi Universitas Bandar Lampung
  • Handy Tri Wibowo Universitas Bandar Lampung
  • Daffa Arinanda Putra Universitas Bandar Lampung
https://doi.org/10.54012/devotion.v1i1.85
Abstract views: 108


PDF downloads: 144


Keywords:

Pengabdian Masyarakat, Sampah, Kompor Sekam, Paving Blok

Abstract

Indonesia merupakan negara yang mempunyai beberapa sektor penting, salah satunya adalah ekonomi. Sebagai peringkat kedua pemroduksi sampah terbesar didunia, Indonesia berencana untuk mengurangi kelebihan sampah tersebut. Maka, tujuan dari penelitian ini adalah mensosialisasikan bahayanya sampah limbah plastik untuk keberlangsungan hidup, menjaga lingkungan dari limbah sampah plastik yang kian hari kian menumpuk, serta meningkatkan usaha masyarakat agar bisa menambah taraf ekonomi di Gedung Tataan dengan memanfaatkan sampah plastik dan limbah padi yang ada di masyarakat. Metode yang digunakan adalah pelatihan dan penyuluhan. Hasil dari penelitian ini adalah adanya pemanfaatan kembali terhadap limbah akan berdampak baik untuk lingkungan sekitar. Selain dapat memberikan dampak baik terhadap lingkungan ini juga dapat menumbuhkan perekonomian desa agar bisa memerangi kemiskinan.

References

Kausar, M., Hasan, E., Aminah, S., & IP, M. (2021). Implementasi Kebijakan Operasi Tangkap Tangan (OTT) Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan dan Keindahan Kota (DLHK3) Terhadap Pembuang Sampah Sembarangan Di Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik, 6(2).

Leko, B. B., Noor, N. A., & Usman, U. (2021). Analisis Potensi Ampas Tebu Sebagai Pembangkit Listrik Biomassa Di Pabrik Gula Takalar. Seminar Nasional Teknik Elektro Dan Informatika (SNTEI), 12–16.

Ngatikoh, S., & Faqih, A. (2020). Kebijakan ekspor impor: strategi meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Indonesia. LABATILA: Jurnal Ilmu Ekonomi Islam, 4(01), 68–93.

Putra, A. R., Afandi, K., Anjani, D., & Pradana, K. C. (2021). Pelatihan Kelompok Wanita Tani Dalam Pemanfaatan Em4 Terhadap Pembuatan Pupuk Kompos. Jurnal Abdi Masyarakat Saburai (JAMS), 2(02), 73–81.

Rajab, B. (2022). Otoritarianisme-birokratik orde baru, krisis ekonomi dan politik, dan demokrasi formal masa reformasi. Jurnal Politik Indonesia (Indonesian Journal of Politics), 8(1), 59–78.

Ridhuan, K., Irawan, D., & Inthifawzi, R. (2019). Proses pembakaran pirolisis dengan jenis biomassa dan karakteristik asap cair yang dihasilkan. Turbo: Jurnal Program Studi Teknik Mesin, 8(1), 69–78.

Rikasatya, R. (2022). Peramalan Luas Panen dan Produksi Tanaman Pangan sebagai Determinan Ketahanan Pangan di Indonesia menggunakan Metode ARIMA. Journal of Statistics, Economics, Finance, Human Resources, and Information Technology, 1(1).

Setiawan, A., Sulastri, E., Aprianto, E., & Maulana, I. (2020). Analisis Diplomasi Ekonomi Indonesia ke Asia Tengah. Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ, 1(1).

Downloads

Published

2022-08-18

How to Cite

Rajiman, R., Azli, M. D. ., Rivaldi, M. F. ., Wibowo, H. T. ., & Putra, D. A. . (2022). Penyuluhan Kompor Sekam Padi yang Ekonomis dan Paving Blok Berbahan Plastik Ramah Lingkungan. Devotion: Journal Corner of Community Service, 1(1), 16–20. https://doi.org/10.54012/devotion.v1i1.85

Issue

Section

Articles