MEMBUKA PELUANG WIRAUSAHA MANDIRI DENGAN MENGEMBANGKAN PRODUK INOVASI LIMBAH AMPAS TAHU MENJADI NUGGET DI KELURAHAN SUMBER REJO KEMILING

Authors

  • Deviana Sari Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai
  • Zesty Miranda Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai
  • Ahmad Junaiedi Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai
  • Maria Elina Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai
  • Hikmah Justiti Adiastuti Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai
https://doi.org/10.54012/devotion.v1i3.110
Abstract views: 241


PDF downloads: 236


Keywords:

Tahu, Produk, Nugget

Abstract

Industri tahu merupakan industri skala kecil menengah yang banyak berkembang di masyarakat. Industri ini mengolah kacang kedelai menjadi tahu yang menjadi salah satu lauk yang banyak dikonsumsi masyarakat. kelurahan Sumber Rejo memiliki industri pengolahan air minum, kelompok pertokoan dan pasar tradisional. Selain itu terdapat beberapa Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yaitu industri tahu, industri mebel dan kerupuk. Metode yang digunakan  adalah terdiri empat tahapan yaitu survei dan studi, sosialisasi, serta pelatihan kepada kelompok ibu-ibu. Hasil pelaksanaan pengabdian menunjukan dari hasil pretest peserta menunjukan angka rata-rata 58,8 dari 20 pertanyaan, dimana pertanyaan tersebut terkait pemanfaat ampas tahu menjadi nugget, pengemasan dan pemasaran produk.  Dari data tersebut dapat diartikan masih sangat kurang pemahaman terkait produk pengembangan ampas tahu menjadi nugget, pengemasan dan pemasaran. Setelah pretest, tim pengabdian memberikan materi dan peserta sangat antusia dengan materi yang diberikan karena terjadi diskusi yang sangat mendalam terkait materi ampas tahu teruma nilai gizi yang terkandung didalamnya.

References

Badan Pusat Statistik Lampung, 2022

Iftitah, G., Yekti, A., & Suryaningsih, Y. 2017. Pelatihan Pembuatan Cookies dari Ampas Tahu bagi Masyarakat Kelurahan Ardirejo sebagai Upaya Pemanfaatan Limbah Padat Pembuatan Tahu. Jurnal Paradharma 1, 1(April 2017), 28–34.

Kotler, Philip dan Keller, 2007, Manajemen Pemasaran, Jilid I, Edisi Kedua belas, PT. Indeks, Jakarta.

Mahfudz, L. D., W. Sarengat dan B. Srigandono. 2000. Penggunaan ampas tahu sebagai bahan penyusun ransum ayam broiler.Prosiding Seminar Nasional Pengembangan Peternakan Lokal, Universitas Jendral Sudirman, Purwokerto.

Masturi, A., Lestari dan R. Sukadarwati. 1992. Pemanfaatan Limbah Padat Industri Tahu Untuk Pembuatan Isolasi Protein. Balai Penelitian dan Pengembangan Industri.Departemen Perindustrian, Semarang.

Peraturan Daerah Nomor. 4 Tahun 2001 Tanggal 3 Oktober 2001 tentang Pembangunan, Penghapusan dan Pemekaran Kecamatan dan Kelurahan dalam Kota Bandar Lampung, kecamatan Kemiling merupakan pemekaran dari Kecamatan Tanjung Karang Barat.

Ramadhan,T., Aminah, S., Sente, U, Permana, A.W. & Handayati, Y. 2015, Karakteristik Fisik dan Kimia Ampas Tahu sebagai Bahan Baku Pangan. Prosiding Seminar Hasil Penelitian Tanaman Aneka Kacang dan Umbi : 353-357

Simamora, Henry. 2007. Manajemen Sumber Daya Manusia. STIE YKPN. Yogyakarta

Widaningrum, I., & Situasi, A. 2015. Bebas Limbah

Downloads

Published

2022-12-20

How to Cite

Sari, D., Miranda, Z. ., Junaiedi, A. ., Elina, M. ., & Adiastuti, H. J. . (2022). MEMBUKA PELUANG WIRAUSAHA MANDIRI DENGAN MENGEMBANGKAN PRODUK INOVASI LIMBAH AMPAS TAHU MENJADI NUGGET DI KELURAHAN SUMBER REJO KEMILING. Devotion: Journal Corner of Community Service, 1(3), 71–80. https://doi.org/10.54012/devotion.v1i3.110

Issue

Section

Articles